Kamis, 22 Desember 2011

Profil Provinsi Riau

 


provinsi riauProvinsi Riau terletak di Jantung pulau Sumatera. Luas wilayah provinsi ini adalah 111.228,65 Km persegi, terdiri atas daratan, pulau dan laut. Daerah ini memiliki iklim tropis basah dengan rata-rata curah hujan antara 2000-3000 milimeter per tahun dan dipengaruhi musim kemarau dan musim hujan.
Provinsi Riau kaya akan sumber daya alam, mulai dari minyak dan gas bumi, batu bara, emas, dan lain-lain. Selain itu Riau juga kaya akan potensi perkebunan, seperti karet dan sawit.
Provinsi Riau yang juga terkenal dengan istilah Bumi Melayu Lancang Kuning ini memiliki beragam suku bangsa dan bahasa. Suku Melayu, Bugis, Minang Kabau, Jawa, Batak, Sunda, Makassar hingga Tionghoa. Dari segi bahasa, Riau kaya akan bahasa. Bahasa Melayu mendominasi bahasa yang ada di daerah ini. Bahasa Melayu di Riau sendiri juga terdiri dari berbagai macam dialek Melayu lokal. Selain bahasa Melayu, Bahasa Indonesia dan Hokian juga banyak digunakan di Riau, di luar bahasa yang digunakan oleh masing-masing suku bangsa.
Secara administrasi, Provinsi Riau memiliki 12 Kabupaten/kota.
  1. Kota Pekanbaru dengan ibukota Pekanbaru. Kota Pekanbaru juga merupakan ibukota Provinsi Riau.
  2. Kota Dumai dengan ibukota Dumai.
  3. Kabupaten Bengkalis dengan ibukota Bengkalis.
  4. Kabupaten Indragiri Hilir dengan ibukota Tembilahan.
  5. Kabupaten Indragiri Hulu dengan ibukota Rengat.
  6. Kabupaten Kampar dengan ibukota Bangkinang.
  7. Kabupaten Siak dengan ibukota Siak Sri Indrapura.
  8. Kabupaten Pelelawan dengan ibukota Pangkalan Kerinci.
  9. Kabupaten Rokan Hilir dengan ibukota Bagan Siapiapi.
  10. Kabupaten Rokan Hulu dengan ibukota Pasir Pengarayan.
  11. Kabupaten Kuantan Singingi dengan ibukota Teluk Kuantan.
  12. Kabupaten Kepulauan Meranti dengan ibukota Selat Panjang.
Provinsi Riau juga merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang langsung berbatasan dengan negara tetangga Malaysia. Karena itu, di Riau, beberapa jalur transportasi udara dan laut melayani rute langsung ke negara tersebut.

Sumber  : Riau Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SYAIR RINTIHAN RAJA MELAYU

Syair Rintihan Raja Melayu Assalamualaikum pemula bicara, Kepada semua isi negara, Hamba rakyat raja di pura, Moga selamat aman sejahtera...