Minggu, 18 Desember 2011

Asal Nama Cik Puan

Selatpanjang pertama kali ditemukan oleh seorang pengembara perempuan yang bernama Cik Saedah.  Sebelum menjadi selatpanjang, pertama kali hanyalah sebuah perkampungan yang kecil yang penduduknya bisa dihitung jumlahnya.

Awalnya cik saedah dan pasukannya pergi ke selatpanjang hanya dalam rangka misi penyelamatan diri atau mencari tempat persembunyian yang aman bagi para pasukan. Nah, sebelum mereka menemukan di mana kira-kira tempat yang pas untuk bersembunyi dan menyusun strategi perang untuk memusnahkan belanda, mereka terlebih dahulu menanyakan kepada orang yang mereka anggap tau. ( kalau sekarang sering di panggil orang pintar atau dukun).

Lalu orang pintar tersebut mengatakan “daerah yang aman sebagai tempat bersembunyi adalah daerah yang diapit oleh dua buah sungai besar. Nah, akhirnya diselatpanjang inilah tempatnya. Yakni diapit oleh sungai perumbi pada bagian baratnya dan sungai suir pada bagian timurnya.

Dan akhirnya cik saedah dan pengikutnya sepakat menjadikan selat panjang sebagai tempat persembunyian dan penyelamatan diri guna menyusun strategi perang atas belanda. Dan hingga kini nama selatpanjang dikenal luas. Dan nama cik saedah berganti dengan cik puan. Nama ini terjadi sewaktu cik saedah mengunjungi perkampungan suku pedalaman selatpanjang (orang asli). Karena orang asli tersebut tidak tau mana cik saedah, mereka memanggilnya dengan panggilan cik puan. Dan akhirnya melekatlah nama ini yang kita kenal sekarang sebagai cik puan dan tempat nya pun di sebut sebagai taman cik puan. Yang memiliki tugu sebagai ikonnya. Serta selalu dijadikan sebagai tempat perayaan kegiatan-kegiatan besar untuk kota selatpanjang. Cik puan akhirnya meninggal dan dimakamkan di makam kolam camat selatpanjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SYAIR RINTIHAN RAJA MELAYU

Syair Rintihan Raja Melayu Assalamualaikum pemula bicara, Kepada semua isi negara, Hamba rakyat raja di pura, Moga selamat aman sejahtera...