Kamis, 22 Desember 2011

Pariwisata Lingga, Wisata Air yang Menentramkan

Pariwisata Lingga, Wisata Air yang Menentramkan

Wisata Alam Lingga sungguh menakjubkan. Semua dimensi alam tercakup di daerah ini. Sungai, laut, gunung, semua dimiliki oleh Daik Lingga, sebuah kabupaten baru yang terbentuk di tahun 2003. Pariwisata Lingga ini mulai dikembangkan dan dipromosikan ke luar daerah untuk menarik pengunjung berwisata di negeri Lingga Bunda Tanah Melayu ini. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk mengembangkan tujuan wisatanya. Bukan hanya wisata alam, tetapi juga wisata sejarah, wisata religius maupun wisata seni dan budaya terus dikembangkan. Negeri yang menjadi pusat Kerajaan Riau Lingga ini semakin berbenah, semakin sumringah.
Banyak yang tidak tahu bahwa alam negeri Lingga sangatlah menakjubkan. Ketidaktahuan ini biarlah menjadi kisah masa lalu, dan sekarang pariwisata Lingga patutlah dan harus menjadi buah bibir bagi masyarakat Riau, masyarakat Indonesia sekaligus pembicaran dan lokasi yang wajib didatangi oleh wisatawan mancanegara. Untuk mencapai Daik, Dapat dicapai melalui Tanjung Pinang maupun Batam yang dilanjutkan dengan menggunakan speedboat selama 3-4 jam menuju Daik. Akomodasi penginapan umumnya dari hotel kelas Melati dengan biaya yang cukup murah.
Beberapa wisata alam di negeri Lingga sangat berhubungan dengan air, walau tak terlepas dengan wisata alam jenis lainnya. Laut, pantai, sungai, air terjun yang dimiliki negeri Lingga menjadi suatu hadiah yang terbesar dari Tuhan kepada daerah ini.
Jika angin berhembus perlahan, akan sangat mengasyikan untuk berwisata mancing di sekitar 531 pulau-pulau yang dimiliki Kabupaten Lingga. Laut yang jernih dengan jenis ikan yang masih banyak membuat tangan pemancing tak bisa diam untuk terus melempar joran ke tengah laut.

Pariwisata Lingga : Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang tak akan kalah dibanding Kuta Bali. Pasir putih di teluk Pasir Panjang ini membentang sepanjang pantai dengan airnya yang sangat jernih. Di sebelah kanannya akan terdapat bukit Pasir Panjang yang memiliki sebuah benteng batu pertahanan Kerajaan Lingga dari serangan laut. Dari atas bukit ini, sangat menentramkan hati memandang pantai dan laut. Sebuah pondok nelayan kecil di tengah laut memberikan nuansa tenang. Tidaklah salah untuk memancing di Pantai Pasir Panjang sekedar untuk bersenang-senang.
Dari tempat penginapan di Kota Daik, Pantai Pasir Panjang dapat dicapai sekitar 20-30 menit dengan menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2 ke arah barat. Lokasi pantai akan langsung terlihat dari jalan raya karena berada tepat di tepi jalan raya. Pondok-pondok kecil untuk sekedar istirahat selepas berjalan maupun berenang tersedia di beberapa tempat.
pariwisata lingga daik pantai pasir panjang lingga
Pantai Pasir Panjang
pariwisata lingga daik pantai pasir panjang lingga
Air Laut yang Jernih di Pantai Pasir Panjang

Pariwisata Lingga : Air Terjun Resun

Air Terjun Resun dapat dicapai 20-30 menit dari Kota Daik menuju ke arah timur laut. Air terjun yang memiliki kemiringan landasan sekitar 45 derajat ini membuat air meluncur tenang dengan bunyi gemericik air yang menentramkan. Kolam yang terbentuk di air terjun itu sangat cocok untuk mandi-mandi sambil meletakkan badan di jatuhnya air, sehingga membuat badan bagai dipijit-pijit oleh air terjun tersebut.
Pariwisata Lingga daik air terjun resun
Air Terjun Resun

Pariwisata Lingga : Desa Pancur

Lebih jauh ke timur akan terdapat sebuah pelabuhan di Desa Resun tersebut yang berada di tepi Sungai Resun yang menyediakan transportasi ke Desa Pancur. Wilayah Pancur adalah daerah teluk yang menjadi muara dari 7 sungai. Posisi Desa Pancur berhadapan langsung dengan Gunung Daik. Pemandangan sungai, laut, gunung dimiliki semua oleh desa ini. Desa ini juga memiliki rumah-rumah yang dibangun menghadap ke air, hal yang berbeda umumnya dengan rumah-rumah di daerah lain yang membelakangi air.
pariwisata lingga daik desa pancur
Memandang Gunung Daik dari dermaga Desa Pancur sambil menikmati sunset yang indah
daik desa pancur rumah
Rumah-rumah Desa Pancur yang menghadap ke air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SYAIR RINTIHAN RAJA MELAYU

Syair Rintihan Raja Melayu Assalamualaikum pemula bicara, Kepada semua isi negara, Hamba rakyat raja di pura, Moga selamat aman sejahtera...